11.15
0


HUTANG
Definisi
            Utang adalah kewajiban suatu badan usaha atau perusahaan kepada pihak ketiga yang dibayar dengan cara menyerahkan aktiva atau jasa dalam jangka waktu tertentu sebagai akibat dari transaksi di masa lalu. (Wikipedia.org/wiki/utang)
Jusuf (2001)
Hutang adalah kewajiban suatu perusahaan yang timbul dari transaksi pada waktu lalu dan harus dibayar dengan kas , barang dan jasa di waktu yang akan datang. (Castrieskingdom.blogspot.com)


Nurwahyudi dan Mardiyah (2004)
            Hutang adalah pengorbanan ekonomi yang harus dilakukan perusahaan di masa yang akan datang karena tindakan atau transaksi sebelum nya. (Castrieskingdom.blogspot.com)



Penggolongan Utang
(Castrieskingdom.blogspot.com)

                A.Utang jangka pendek
                (Castrieskingdom.blogspot.com)

                        Adalah utang yang jatuh tempo dalam jangka waktu kurang dari satu tahun
Contoh: Utang usaha/Utang dagang , Utang  wesel , Utang gaji , Beban yang masih harus di bayar , Utang garansi.

a.Utang dagang
            hutang yang timbul dari kegiatan ekonomi perusahaan yang berulang-ulang. Hutang dagang terjadi karena perbedaan waktu yang timbul antara penyerahan barang dan jasa dengan pembayarannya(disebut dengan jangka waktu kredit) yang biasanya dinyatakan dengan syarat pembayaran seperti 2/10, n/30.

b.Utang Wesel
            Hutang jangka pendek yang disertai perjanjian tertuli sesuai dengan ketentuan UUD.

c.Utang gaji
            Hutang Gaji Utang gaji merupakan kewajiban bagi perusahaan untuk membayar gaji kepada para pegawainya yang telah memberikan jasanya kepada perusahaan.

d.Beban yang masih harus di bayar
            Kewajiban yang telah menjadi beban (seharusnya sudah di bayar) tetapi belum dibayar karena belum saat pembayaraanya.
Contoh :-Gaji yang masih harus di bayar
            - Bunga yang masih harus di bayar
            - Sewa yang masih harus di bayar
            - Pajak yang masih harus di bayar
           

            e.Utang garansi
Hutang garansi, hadiah yang diberikan atas produk yang dijual. Meskipun harian dari garansi belum dapat dipastikan dalam jumlah maupun tanggalnya, tetapi adanya kewajiban bagi perusahaan sudah jelas dan pasti, oleh karena itu harus diakui dan dilaporkan dalam laporan keuangan.





            B.Utang jangka panjang
            (Castrieskingdom.blogspot.com)

                        utang yang pelunasannya akan dilakukan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun.
contoh : Utang hipotik, Utang obligasi, Utang kredit bank jangka panjang, Uang muka dari perusahaan afiliasi , Utang wesel jangka panjang.

a.Utang hipotik
            Adalah pinjaman yang harus dijamin dengan harta tidak bergerak. Di dalam perjanjian hutang disebutkan kekayaan peminjam yang dijadikan jaminan misalnya berupa tanah atas gedung. Jika peminjam tidak melunasi pinjaman pada waktunya, maka pemberi pinjaman dapat menjual jaminan untuk diperhitungkan dengan pinjaman yang bersangkutan.

b.Utang Obligasi
            Adalah surat pernyataan hutang perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut, pengertian lain obligasi adalah hutang jangka panjang secara tertulis dalam kontrak surat obligasi yang dilakukan oleh pihak berhutang yang wajib membayar hutangnya disertai bunga (penerbit obligasi) dan pihak yang menerima pembayaran atau piutang yang dimilikinya beserta bunga (pemegang obligasi) yang pada umumnya tanpa menjaminkan suatu aktiva.

c.Utang kredit bank jangka panjang
            Utang kredit bank jangka panjang biasanya timbul karena kebutuhan untik membeli aktiva, menambah modal perusahaan, investasi, atau mungkin juga untuk melunasi utang.

d.Uang muka dari perusahaan afiliasi
            Adalah Hutang Kepada Pemegang Saham atau Kepada Perusahaan Induk (Holding Company) atau Kepada Perusahaan Afiliasi (Afiliated Company). Biasanya diberikan untuk membantu perusahaan anak atau perusahaan afiliasi yang baru mulai beroperasi dan membutuhkan pinjaman.

e.Utang wesel jangka panjang
            Utang Wesel jangka Panjang mirip dengan Obligasi, keduanya mempunyai tanggal jatuh tempo (lebih dari 1 tahun dan tingkat bunga secara impilsit yang telah ditentukan). Perbedaanya jika di bandingkan dengan obilgasi adalah wesel tidak dapat di perdagangkan di bursa efek, dan juga akuntansi untuk wesel itu sendiri juga berbeda dengan obligasi. Utang wesel jangka panjang dinilai sebesar nilai sekarang aliran kas dimasa yang akan datang. Premium dan diskon yang timbul harus diamortisasi selama umur wesel.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.